Back To Top

Penerimaan Mahasiswa Ikatan Dinas Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dan unggul di bidang statistik.
Pada tahun akademik 2018/2019, STIS menyelenggarakan program studi:

    Diploma III (D-III) Statistika
    Diploma IV (D-IV) Statistika
    Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik

Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Peserta melakukan pendaftaran online lewat portal http://sscndikdin,bkn,go,id

pendaftaran poltek sekolah tinggi ilmu statistik 2018

Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruh Indonesia.

Status mahasiswa STIS terbagi menjadi dua, yaitu Ikatan Dinas dan Tugas Belajar.
Ikatan Dinas. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.     Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penerimaan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Ikatan Dinas tahun 2018/2019
pengumuman penerimaan mahasiswa baru ikatan dinas STIS 2018 2019

Pengumuman pembukaan/penerimaan mahasiswa baru Poltek STIS 2018/2019

Politeknik Statistika STIS akan menerima kembali mahasiswa baru berstatus ikatan dinas
{ID) dan tugas belajar {TB) untuk tahun akademik 2018/2019. Sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru  tersebut, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Masa Penerimaan Mahasiswa Baru {PMB) Politeknik Statistika STIS dimulai pada bulan April  tahun 2018 dan berakhir pada bulan Juli tahun 2018. Ketentuan umum, tahapan, dan jadwal lengkap kegiatan PMB Politeknik Statistika STIS sebagaimana tercantum dalam lampiran.
2. Ujian Tahap I (Matematika) akan dilaksanakan dengan Computer Assisted Test {CAT) pada
tanggal 12-14 Mei 2018 (tiga hari), di 33 provinsi seluruh Indonesia. Pelaksanaan tes dilakukan dalam beberapa sesi, setiap hari dapat dilaksanakan maksimal 4 {empat) sesi.
3. Untuk pelaksanaan Ujian Tahap I (Matematika) dengan CAT, kami memerlukan informasi terkait kesiapan sarana dan prasarana di setiap provinsi yang memiliki fasilitas dengan persyaratan seperti dalam lampiran.
4. Kebutuhan jumlah komputer untuk satu sesi bisa diperhitungkan dengan mempertimbangkan
estimasi jumlah pendaftar. Jumlah pendaftar di tahun 2017 bisa dilihat pada lampiran.
5. Tempat pelaksanaan Ujian Tahap I {Matematika) CAT bisa di Sekolah, Perguruan Tinggi, atau lnstansi Pemerintah {Kanreg dan UPT BKN, Kantor BKD. Kantor BPS Provinsi) yang memiliki
fasilitas sebagaimana tersebut di atas. Mohon agar berkoordinasi dengan pengelola setempat.


Persyaratan calon Mahasiswa 



Untuk dapat mengikuti seleksi PMS Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:
a. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun  di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.

b. Program Diploma IV (450 mahasiswa):

  • Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA
  • Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII;
  • Nilai Matematika dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII  semester I;


c. Program Diploma III (150 mahasiswa):
(Khusus pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat. Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, serta semua
provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan)

  • Lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS;
  • atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; 
  • Nilai Matematika dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII  semester I;

d. Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2018.
e. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti  pendidikan di Politeknik  Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
f. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
g. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
h. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian lkatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus
seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
i. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit  kerja Badan Pusat Statistik  (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Program Studi STIS

Politeknik Statistika STIS akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan  rincian:
a.Program Studi Diploma 3 Statistika (150 orang)
b.Program Studi Diploma IV Statistika (300 orang)
c. Program Studi Diploma  IV Komputasi Statistik (150 orang)

Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan  diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan II/c dan ditugaskan sebaqai  Kordinator Statistik Kecamatan (KSK) pada wilayah-wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku  Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, serta semua provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan.
Sementara lulusan Program Diploma IV  akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika  (S.Tr.Stat.) dan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan III/a dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.  Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru STIS tahun 2018-2019

1 s.d.30 April 2018 Pendaftaran on-line (Jalur lkatan Dinas)
7 s.d 30 April 2018 Pendaftaran on-line (Jalur Tugas Belajar) 
Dilakukan secara online di website politeknik STIS
Jadwal lengkap silakan klik gambar di bawah ini. 

jadwal penerimaan mahasiswa baru STIS




Demikian informasi mengenai pengumuman penerimaan mahasiswa baru Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun akademik 2018/2019.  Info Lengkap Pendaftaran STIS bisa dibuka di web http://www.stis.ac.id/ atau pendaftaran menuju link https://www.stis.ac.id/spmb/


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



Arsip Blog