Back To Top

Cara Lapor Pajak (SPT) DJP Online untuk PNS

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Masa pelaporan pajak sudah dimulai, bagi anda yang aktif membuka email pasti mendapati di email masuk pemberitahuan agar membuat SPT pajak secara online. Admin sendiri mendapat pemberitahuan lewat email pada tanggal 28 Februari yang lalu. Kemudian oleh bendahara diberikan selembar kertas berisikan data nominal gaji dan pajak sebagai patokan untuk pengisian/pembuatan SPT pajak online di DJP online.

Berikut ini cara dalam pembuatan SPT khususnya bagi PNS yang tidak memiliki usaha lain. Yakni format SPT 1770SS atau yang memiliki penghasilan kurang dari 60juta rupiah setahun. Untuk membuat SPT bagi PNS ini silakan menuju alamat web https://djponline.pajak.go.id/

Sebelumnya siapkan NPWP dan password untuk login di alamat tersebut.  Juga lembaran format yang kita dapatkan dari kantor pajak seperti gambar di bawah.



Jika lupa password silakan buka artikel cara mengubah/reset password pajak online
Untuk mengubah password dibutuhkan kode EFIN, jika lupa silakan buka artikel cara mengetahui dan mendapatkan kode EFIN yang lupa


Setelah kita masuk di alamat web https://djponline.pajak.go.id/ maka harus login menggunakan NPWP dan password kemudian masukkan NPWP dan password serta kode keamanan, Klik Login.

cara login SPT online DJP online  https://djponline.pajak.go.id/account/login
lapor spt login pajak online

Kemudian lihat di kanan atas, klik efilling lalu klik Buat SPT atau di alamat https://efiling.pajak.go.id/default

efilling pajak online djp
e-filling pajak online SPT tahunan
efilling djp pajak online 2017

Masukkan tahun 2017 ditahun pajak dan Klik Normal pada status SPT, Klik Berikutnya. Ini jika tahun lalu kita sudah melakukan pelaporan SPT pajak online.


Berikutnya pada form A. Pajak Penghasilan.

1. Penghasilan bruto Dalam Negeri ..... masukkan penghasilan bruto seperti gambar dibawah yakni lembaran yang kita dapat dari kantor pajak. Lihat Angka 1, masukkan angka tersebut. Jika sesuai maka 0.

Kemudian di penghasilan tidak kena pajak, pilih tanggungan kita. Atau status perkawinan sesuai yang ada dilapangan. Contoh saya telah kawin dan memiliki 2 anak, maka dipilih K/2 kawin tanggungan 2 orang.
cara mengisi pajak penghasilan di SPT 1770 SS pajak online
pajak penghasilan bruto

cara membuat laporan pajak online djp online
Cara Lapor Pajak DJP Online untuk PNS


Jangan lupa klik centang di setuju, Lalu klik berikutnya.

SPT tahunan lapor pajak secara online https://djponline.pajak.go.id/account/login
SPT pajak online
Kemudian klik disini, muncul pemberitahuan token telah dikirim ke email Anda. Cek email masuk, salin kode verifikasi Anda. biasanya 6 angka seperti gambar di bawah.

https://djponline.pajak.go.id/account/login
kode token email spt djp online
https://djponline.pajak.go.id/account/login

Setelah kita salin kode verifikasi, kembali ke aplikasi SPT DJP online, kemudian masukkan kode verifikasi, lalu klik Kirim SPT. Akan muncul SPT Anda berhasil dikirim, Bukti Penerimaan Elektronik telah dikirimkan ke email Anda. Apa respon Anda terhadap layanan ini? Selesai. Akan muncul di daftar SPT 3 kali/tahun masa pajak.

Selesai sudah lapor pajak online kita. Mudah saja. Hehehe. Kalo gaji di atas 60 juta. Saya belum coba. Silakan bertanya kepada teman yang lain ya.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,